Education of ATR72-500 / 600 aircraft general

pertama-tama izinkan saya untuk memperkenalkan diri saya, nama saya mulyadi cahya, umur saya sekarang menginjak 22 tahun, pekerjaan saya sekarang adalah seorang aircraft mechanic di salah satu perusahaan penerbangan yang ada di indonesia saat ini.

di pertemuan yang pertama dalam blog saya kali ini, saya akan membahas tentang pembelajaran yang umum pada pesawat udara khususnya pada pesawat jenis Turboprop atau yang awamnya adalah engine propeller / baling-baling.

oke langsung saja kita ke topik pembahasan berikut:

hampir disetiap maskapai penerbangan di dunia ada yang menggunakan pesawat yang berjenis engine turboprop, khususnya di indonesia ada beberapa maskapai penerbangan yang telah menggunakan pesawat turboprop tersebut misalnya saja seperti maskapai penerbangan lion air, garuda indonesia dan lain-lain.





pesawat tersebut dibuat di negara France tepatnya di kota Toulouse, sebutan dari pesawat jenis ini diberi nama ATR72-500 / ATR72-600, sebenarnya ada lagi selain ATR72, tapi kali ini saya hanya membahas tentang ATR72.

ATR72 itu adalah singkatan dari Avion de Transport Regional, yaitu pesawat yang hanya mampu menempuh jarak pendek dalam sekali penerbangan.
kapasitas dari penumpangnya itu sendiri berkisar antara 64 sampai 74 penumpang.

Bagian-bagian dari pesawat ATR ini dibuat di berbagai negara seperti untuk bagian Fuselage ( badan pesawat ) di produksi di negara Italy tepatnya di kota Naples, untuk komponen wings ( sayap ) di produksi di negara France tepatnya di kota St. Nazaire, dan untuk engine ( mesin ) di produksi di negara Canada.



dikumpulkan mejadi satu dan dirancang di negara France (Toulouse).

sekarang kita masuk ke ukuran panjang, lebar dan tinggi dari pesawat ini.
pertama pesawat ATR memiliki panjang dari nose / hidung pesawat sampai tail / ekor pesawat yaitu 27,166 m, dan memiliki tinggi dari ground / tanah sampai ujung vertical stabilizer yaitu 7,65 m



memiliki lebar dari ujung sayap ke sayap yaitu 27,050 m dan lebar dari engine 1 ke engine 2 yaitu 8,10 m.


di dalam fuselage nya sendiri terdapat ruang Cockpit, Forward cargo, Pasenger compartment, lavatory, dan aft cargo compartment.

Selanjutnya kita masuk ke weight and loading dari pesawat ATR berikut:

  • Maximum take off (MTOW)    22000 Kg
  • Maximum landing (MLW)       21850 Kg
  • Maximum zero fuel (MZFW)  20000 Kg
  • Maximum fuel load                  5000 Kg
demikian untuk penjelasan yang pertama dari pesawat ATR khusunya untuk introduction, production chart, main dimension dan weight and balancing, besok kita akan lajut lagi ke materi selanjutnya.

jika ada kesalahan dalam penulisan dari diri saya pribadi mohon maaf, dan jika ada pertanyaan langsung aja di coret-coret di kolom komentarnya.. :D

terima kasih..



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Education of ATR72-500 / 600 aircraft general about Electrical

Education of ATR72-500 / 600 aircraft general about Air conditioning